Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo

Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo

Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo – kali ini kita akan bahasa mengenai Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo. Di dalam transformator atau trafo terdapat minyak (oli) yang berfungsi sebagai insulator. Fungsinya menghttp://www.javindo.id/mengenal-proses-purifikasi-oli-trafo/isolasi antara kumparan agar tidak terjadi percikan api listrik akibat tegangan yang tinggi. Selain sebagai pendingin (penyerap panas) juga sebagai pelumas yang melindungi komponen-komponen dalam trafo. Oleh karena itu, perlu dilakukan maintenance untuk menjaga oli tersebut. Purifikasi oli trafo untuk memurnikan kembali oli agar dapat memperpanjang usia trafo. Anda dapat menggunakan jasa purifikasi untuk oli trafo di javaindo.id.

Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo

Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo

Ketika trafo digunakan secara terus menerus performa atau kualitas oli akan mengalami penurunan secara fisik, elektrik atau komposisi kimia. Banyak hal yang menyebabkan kualitas oli turun, diantaranya oksidasi antara oli dengan bahan isolasi kawat. Adanya kontaminasi oli dengan udara, debu, gas maupun kotoran lain juga bisa. Untuk itu, diperlukan proses untuk memperbaiki kualitas oli yang disebut dengan purifikasi. Purifikasi merupakan treatment yang dilakukan dengan cara disirkulasi untuk proses pemurnian oli trafo dengan menggunakan alat High Vacuum Oil Purifier.

Beberapa Fungsi Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo

1.      Fungsi Purifikasi Oli Trafo

Purifikasi merupakan bentuk pemurnian oli trafo. Kegunaannya sangat beragam dan berpengaruh besar. Fungsi dari proses pemurnian oli yang bekerja pada trafo yaitu sebagai berikut.

  1. Menghilangkan kandungan uap air
  2. Membersihkan kotoran-kotoran yang tercampur pada oli seperti karbon, debu, sedimen dan unsur partikel lain
  3. Meningkatkan tegangan tembus agar setelah di treatment sesuai dengan standar PLN No. 49/1982 dan metode IEC 158 & 296 yaitu minimal 50 KV/2,5 mm
  4. Mengoptimalkan kerja memperpanjang usia trafo

Metode ke 2 Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo

2.      Metode Purifikasi Oli Trafo

Secara garis besar, cara kerja purifikasi oli ini adalah mensirkulasikan oli yang akan dipurifikasi. Prosesnya dengan cara oli disedot kedalam alat purifikasi untuk dimurnikan. Kemudian oli yang sudah bersih tersebut dipompa untuk dimasukkan lagi kedalam transformator. Metode proses pemurnian oli trafo dapat diksanakan dengan dua cara, yaitu

1)      Metode off line

Treatment ini dilakukan ketika trafo sedang tidak bekerja atau trafo diputus aliran listriknya.

2)      Metode on line

Treatment dengan cara on line dilakukan ketika trafo dalam keadaan sedang bekerja (masih ada aliran listrik)

3.      Tahapan Purifikasi Oli Trafo

Ada beberapa tahap yang harus dilalui saat melakukan purifikasi terhadap oli trafo. Oli trafo anda akan murni jika tahapan ini bisa urut. Berikut tahapannya:

1)      Pemanasan

Oli trafo dipanaskan secara terus menerus dengan temperature yang konstan. Proses ini dilakukan untuk memisahkan air dan minyak. Ketika dipanaskan, air akan berubah menjadi uap sedangkan oli tetap pada komposisi semula. Pemanasan ini juga dapat menguraikan asam yang terkandung dalam oli tersebut.

2)      Pengkabutan

Setelah melalui proses pemanasan, maka oli trafo di kabutkan untuk memisahkan antara oli dan uap air. Kemudian dilakukan pemvakumkan dengan tekanan 0,8 bar untuk memisahkan kandungan asam.

3)      Penyaringan

Pada proses ini, oli trafo yang telah mengalami proses pengkabutan disaring dan dipadatkan. Proses pemadatan untuk mencegah gelembung udara. Kemudian, oli yang sudah bersih disalurkan lagi kedalam trafo

4.      Peralatan Utama Untuk Purifikasi Oli Trafo

Ada beberapa peralatan yang digunakan untuk pemurnian oli trafo. Alatnya sangat beragam dan tidak boleh ada yang terlewat. Beberapa komponen utama yang terdapat dalam mesin purifikasi yaitu:

1)      Tabung vakum

Di tabung ini berisi heater atau alat pemanas untuk memanaskan oli sehingga kontaminan seperti air dan gelembung gas akan menguap.

2)      Indikator permukaan minyak dalam tabung vakum

Indikator ini berupa sensor infrared yang ditembakkan dari satu ujung tabung ke ujung tabung yang lain, yang berfungsi sebagai pengatur ketinggian permukaan minyak dalam tabung vakum

3)      Filter

Filter berfungsi untuk menyaring oli dari kontaminan pada oli trafo yang sudah dipanaskan. Sehingga oli dapat mempercepat tegangan tembus.

4)      Motor vakum

Motor vakum digunakan untuk memvakumkan atau menyedot udara keluar dari tabung vakum.

5)      Motor induksi 3 fasa

Motor ini berfungsi untuk menyedot oli memasuki alat purifikasi dan memompa oli yang sudah bersih ke transformator.

Fungsi Selanjutnya tentang Mengenal Proses Purifikasi Oli Trafo

5.      Durasi Dan Banyaknya Sirkulasi Pada Purifikasi Oli Trafo

Proses purifikasi terhadap oli trafo dilakukan secara berulang-ulang. Menurut standar PLN pada manual book product trafo, proses purifikasi untuk oli yang masih baru hanya membutuhkan 2-3 sirkulasi. Sedangkan untuk minyak yang sudah lama membutuhkan 4-6 sirkulasi.  Lamanya proses purifikasi tergantung pada kapasitas oli pada trafo. Satu liter oli membutuhkan waktu ± 17 menit untuk satu kali sirkulasi. Sehingga untuk oli yang masih baru memerlukan waktu purifikasi sekitar ± (34-51) menit dan untuk oli yang sudah lama memerlukan waktu ± (68-102) menit. Sekian pembahasan mengenai proses purifikasi oli trafo. Semoga bermanfaat. Segera kontak kami sekarang juga unutk info detail tentang Jasa Treatment Oli Trafo.

Anda juga bisa baca artikel tentang : Syarat Oli Trafo PLN Yang Baik Dan Layak Digunakan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *