Pentingnya Treatment Oli Trafo

Pentingnya Treatment Oli Trafo

Pentingnya Treatment Oli Trafo – Hai Javindo bakal kasih inf menarik tentang Pentingnya Treatment Oli Trafo.Di era millenial seperti ini persaingan dunia semakin ketat dan memanas. Dimana perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi maka akan tertinggal jauh di dalam persaingan global. Tak heran jika saat ini banyak dibangun gedung-gedung pencakar langit dengan sistem kelistrikan yang canggih. Dan untuk mewujudkan operasional yang sukses diperlukan daya listrik yang memadai. Untuk itu, diperlukan sistem perawatan kelistrikan yang ekstra. Salah satunya adalah dengan melakukan treatment oli trafo yang sudah mengalami kerusakan.

Pengertian Treatment Oli Trafo dan Pentingnya Treatment Oli Trafo

Seiring berjalannya waktu, oli mesin trafo akan mengalami penurunan kualitas seperti halnya oli dalam mesin mobil. Seringkali, kontaminasi dari air atau kotoran partikel produktif oli menyebabkan penurunan tegangan tembus dan tahanan jenis oli dalam trafo. Selain itu, akibat dari oli yang terkontaminasi juga dapat mempercepat kerusakan kertas pengisolasi. Selain beberapa faktor diatas, kerusakan oli trafo juga dipicu oleh beberapa faktor sebagai berikut.

Pentingnya Treatment Oli Trafo

Beberapa hal mengapa harus Pentingnya Treatment Oli Trafo

1. Treatment Oli Trafo Dilakukan Karena Drum Penyimpanan Trafo Yang Tidak Baik

Dalam sistem kelistrikan, trafo merupakan komponen terpenting dan harus dijaga dengan baik. Untuk itu, trafo harus disimpan di drum penyimpanan yang baik. Drum penyimpanan trafo yang tidak baik akan memicu banyaknya partikel atau polutan dari luar menempel pada trafo. Sehingga menimbulkan kerusakan bagi oli trafo.

2. Treatment Oli Trafo Dilakukan Karena Trafo Beroperasi Dengan Beban Maksimum Secara Terus Menerus

Selain kontaminasi dari luar, trafo yang beroperasi dengan beban maksimum secara terus menerus juga akan rentan mengalami kerusakan. Pasalnya, operasi dengan beban maksimum bisa menyebabkan tingginya temperature minyak. Selain itu, temperatur yang tinggi juga dapat mengakibatkan terjadinya uap air yang menyebabkan kerusakan.

3. Treatment Oli Trafo Dilakukan Karena Usia Oli Trafo Sudah Tua

Trafo yang sudah tua tentu memiliki beban kerja yang lebih banyak dan lama. Hal itu memicu penurunan kinerja trafo. Dan semakin lama usia trafo, maka semakin tua juga usia oli. Oli yang sudah tua mengandung banyak sekali kotoran sehingga harus dimurnikan.

Untuk itu, diperlukan proses treatment atau pemurnian kembali oli isolasi dalam trafo dengan menggunakan suatu alat. Untuk melakukan proses treatment ini, anda bisa menggunakan jasa treatment oli khusus milik perusahaan atau menggunakan jasa dari luar.

Berikut ini Pentingnya Treatment Oli Trafo

Fungsi Treatment Oli Trafo

Oli trafo merupakan salah satu elemen penting dalam sistem kelistrikan suatu perusahaan. Dengan performa oli trafo yang baik maka operasional juga tidak akan terbengkalai. Sehingga diperlukan treatment oli trafo yang tepat dan cepat. Lalu, apa saja fungsi dari treatment oli trafo?. Berikut informasi lengkapnya.

1. Treatment Oli Trafo Dapat Meningkatkan Tahanan Isolasi

Fungsi utama dari treatment oli trafo adalah untuk meningkatkan tahanan isolasi. Yaitu dari tahanan isolasi rendah (kurang lebih 30 KV/2,5 mm) menjadi tahanan isolasi tinggi (kurang lebih 50 KV/mm). Hal itu disebabkan karena oli trafo inilah yang berperan sebagai media pendingin dan juga isolasi. Sehingga dibutuhkan tahanan isolasi tinggi demi performa kerja yang lebih baik.

2. Treatment Oli Trafo Dapat Membersihkan Kotoran Dalam Trafo

Ada beberapa faktor yang dapat menghambat kinerja oli trafo. Misalnya saja gram-gram yang terkelupas dari gulungan trafo. Dan juga adanya partikel-partikel yang tidak diperlukan. Untuk itu dilakukan treatment oli trafo untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut.

3. Treatment Oli Trafo Dapat Menghemat Biaya

Perusahaan yang besar pasti membutuhkan biaya operasional yang besar. Untuk itu, diperlukan upaya untuk menekan pengeluaran termasuk meminimalisir penggantian alat setiap tahun. Salah satu caranya adalah dengan melakukan treatment oli trafo secara berkala sehingga lebih awet.

4. Treatment Oli Trafo Dapat Memperpanjang Usia Oli Trafo

Oli trafo yang melalui serangkaian treatment akan kembali menjadi murni. Dengan begitu bisa melakukan kinerjanya seperti semula. Selain kinerja yang kembali normal, dengan treatment ini juga dapat memperpanjang usia oli trafo sehingga lebih awet.

5. Treatment Oli Trafo Berfungsi Sebagai Alat Bantu Flushing Atau Pencuci Trafo

Treatment oli trafo bertujuan untuk membersihkan polutan yang menempel pada oli trafo. Secara tidak langsung, proses ini juga berfungsi untuk mencuci trafo secara keseluruhan. Dengan begitu, trafo akan kembali bersih seperti sediakala.

Keuntungan Treatment Oli Trafo

Selain lebih menghemat anggaran, treatment oli trafo juga memiliki beberapa keuntungan lain. Pertama, dapat menaikkan ujuk kerja trafo. Kedua, meningkatkan tegangan tembus minyak trafo. Ketiga, Mengoptimalisasi pengoperasian trafo. Dan yang terakhir adalah meningkatkan tahanan isolasi trafo hingga 30 KV/2,5 mm.

Buat anda yang membutuhkan jasa treatment oli trafo, anda bisa menggunakan salah satu jasa treatment oli trafo terbaik, www.javindo.id. Dijamin anda akan mendapatkan kualitas pelayanan yang memuaskan. Silakan anda baca tentang kami dan anda juga bisa membaca artikel lainnya seperti: Syarat Oli Trafo PLN Yang Baik Dan Layak Digunakan

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *